Pemberian Dukungan Kelayakan pada Proyek KPBU SPAM Pekanbaru


Oleh: Gia

Direktur PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) pada Proyek KPBU SPAM Kota Pekanbaru mengajukan usulan kepada Kementerian Keuangan untuk mendapatkan Dukungan Kelayakan berdasarkan Dokumen Pra Studi Kelayakan yang telah disusun. PJPK dalam menyusun Dokumen Pra Studi Kelayakan mendapatkan fasilitas dari Kementerian Keuangan berupa Fasilitas Penyiapan Proyek dan Pendampingan Transaksi/Project Development Facility (PDF) melalui penugasan kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Selain itu, Proyek KPBU SPAM Kota Pekanbaru mendapat penjaminan pemerintah melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).


 

Untuk tahapan mendapatkan Dukungan Kelayakan, Kementerian Keuangan telah memberikan Persetujuan Prinsip Dukungan Kelayakan, Persetujuan Besaran Dukungan Kelayakan, Persetujuan Final Dukungan Kelayakan, dan terakhir penerbitan Surat Dukungan Kelayakan pada Proyek KPBU SPAM Pekanbaru melalui Surat Menteri Keuangan Nomor S-68/MK.08/2021 tanggal 1 Februari 2021. Dalam Surat Dukungan Kelayakan, Kementerian Keuangan memberikan Dukungan Kelayakan sebesar Rp118.077.000.000 dan pencairannya dilakukan sesuai dengan waktu dan syarat yang telah disepakati.

Pada saat ini, Proyek KPBU SPAM Kota Pekanbaru dalam proses perolehan pembiayaan (Financial Close) yang ditargetkan akan terlaksanakan pada Bulan Juni 2021.

Detail informasi proyek dapat dilihat di sini.

No id judul isi image