G20 Menerbitkan World Bank Preliminary Findings Report on Gender Inclusive Approaches in Private Participation in Infrastructure


Pada pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) G20 ke-4 di Washington DC pada 12-13 Oktober 2022, G20 menyebut Preliminary Findings Report on Gender Inclusive Approaches in Private Participation in Infrastructure untuk menutup kesenjangan terkait gender dalam proyek infrastruktur dan menyelaraskan pengambilan keputusan investasi sektor swasta seputar inklusi gender.

Dalam mengintegrasikan isu-isu gender, inklusi gender, dan pemberdayaan perempuan dan anak perempuan untuk menutup kesenjangan proyek terkait gender dalam infrastruktur dan menyelaraskan pengambilan keputusan investasi sektor swasta seputar inklusi gender, Fasilitas Infrastruktur Global (GIF) dan Fasilitas Penasihat Infrastruktur Publik-Swasta ( PPIAF), bertempat di Bank Dunia memprakarsai survei untuk menganalisis lebih baik persepsi perusahaan keuangan swasta menggunakan wawancara semi-terstruktur yang dilakukan dengan investor swasta dan pemberi pinjaman yang berinvestasi atau membiayai proyek infrastruktur di EMDE. Survei tersebut memberikan wawasan tentang: tingkat kesadaran gender investor dan pemberi pinjaman; pertimbangan gender selama proses pengambilan keputusan investasi; dan integrasi gender di sepanjang siklus proyek.

Temuan utama survei tersebut menghasilkan berbagai rekomendasi pengarusutamaan gender dalam investasi infrastruktur dengan memberikan pemahaman tentang hubungan antara pembangunan infrastruktur dan hambatan yang dihadapi perempuan dibandingkan laki-laki. Rekomendasi yang diperoleh telah diadaptasi untuk pemangku kepentingan utama yang berpartisipasi dalam siklus hidup proyek infrastruktur di EMDE, seperti pemerintah, bank pembangunan multilateral/lembaga keuangan pembangunan (MDB/DFI), serta investor dan pemberi pinjaman swasta.

Laporan ini menjelaskan bagaimana investor swasta memandang ketidaksetaraan gender dan pentingnya hal itu bagi investasi mereka dan juga mengkaji persepsi investor swasta dan pemberi pinjaman mengenai kesetaraan gender dan pelibatan perempuan dan anak perempuan dalam layanan dan fasilitas infrastruktur di emerging markets and developing economies (EMDEs ).

G20 menghargai Bank Dunia atas dukungannya dalam mengembangkan Laporan, yang akan mendukung G20 dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk menutup kesenjangan terkait gender dalam proyek infrastruktur dan menyelaraskan pengambilan keputusan investasi sektor swasta seputar inklusi gender. G20 juga menyampaikan terima kasih kepada GIF dan PPIAF atas dukungannya.

Dokumen lengkap versi PDF dari World Bank Preliminary Findings Report on Gender Inclusive Approaches in Private Participation in Infrastructure dapat diunduh di sini.