Dokumen Acuan (Template) Penyiapan Proyek KPBU Sektor Penerangan Jalan Umum


Untuk mendukung akselerasi pembangunan infrastruktur daerah melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), Kementerian Keuangan bekerja sama dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia melalui Kantor Bersama KPBU telah menyusun acuan dokumen (template) dalam penyiapan dan transaksi proyek KPBU sektor Alat Penerangan Jalan (APJ) atau yang juga dikenal dengan Penerangan Jalan Umum (PJU). Dokumen template ini disusun untuk memberikan akses dan kemudahan bagi para Pemerintah Daerah yang sedang menjajaki skema KPBU sebagai mekanisme pembiayaan proyek.  

Penyusunan dokumen acuan tersebut juga merupakan bagian dari upaya Kementerian Keuangan untuk dapat membangun dokumen proyek (business case) yang dibutuhkan dalam penyiapan dan pelaksanaan transaksi Proyek KPBU yang mampu menarik minat dan partisipasi badan usaha pada Proyek KPBU serta untuk mendukung kemajuan pelaksanaan KPBU di masa yang akan datang sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 180/PMK.08/2020 tentang Fasilitas untuk Penyiapan dan Pelaksanaan Transaksi Proyek KPBU dalam Penyediaan Infrastruktur. Salah satu hasil fasilitas yang digunakan sebagai referensi dan rujukan dalam penyusunan dokumen acuan ini adalah hasil fasilitas penyiapan proyek KPBU PJU Surakarta. 

Untuk dapat mengakses dokumen acuan (template) dimaksud, silakan klik tautan berikut: https://kpbu.kemenkeu.go.id/guidelines.