G20 Mendukung the G20 Compendium of Case Studies on Digital Infrastructure Finance: Issues, Practices and Innovations


Pada pertemuan Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) ke-4 di Washington DC pada 12-13 Oktober 2022, G20 mengesahkan G20 Compendium of Case Studies on Digital Infrastructure Finance: Issues, Practices and Innovations. Dalam pertemuan tersebut, Ketua Menteri Sri Mulyani Indrawati menekankan penyampaian IWG yang dapat memfasilitasi investasi lebih lanjut ke dalam infrastruktur digital akan memberikan alat yang berharga bagi G20 dalam mengembangkan investasi infrastruktur di masa depan.
Diskusi tentang perluasan konektivitas berkualitas tinggi dan infrastruktur terkait telah diarusutamakan di bawah Kepresidenan Italia 2021, menghasilkan Pedoman G20 untuk Pembiayaan dan Pembinaan Konektivitas Pita Lebar Berkualitas Tinggi untuk Dunia Digital. Infrastruktur digital sangat penting bagi ketahanan ekonomi global dan diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan inklusi sosial di masa depan, terutama sejak pandemi. Pada tahun 2022 pada masa Presidensi G20 Indonesia, Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) mengumpulkan praktik-praktik terbaik dalam mempromosikan pembiayaan infrastruktur digital.

Melalui analisis komprehensif studi kasus yang diberikan oleh anggota G20 dan sektor swasta serta diskusi menyeluruh dengan pemangku kepentingan utama, Kompendium dikembangkan untuk menguraikan pandangan tentang masalah, praktik, dan inovasi yang terjadi saat ini dalam pembiayaan infrastruktur digital. Kompendium memberikan berbagai contoh fitur pembiayaan yang dapat direplikasi di wilayah atau proyek lain. Beberapa faktor penting diidentifikasi untuk mempercepat pembiayaan inovatif di sektor infrastruktur digital. Analisis tersebut juga menunjukkan bahwa pemanfaatan alat keuangan publik menunjukkan lebih banyak inovasi di beberapa pemerintahan dibandingkan dengan alat sektor swasta yang statis.

G20 menyampaikan terima kasih kepada AIIB atas dukungannya dalam mengembangkan Kompendium, yang diharapkan dapat mendukung G20 dalam mempersempit kesenjangan digital.

Dokumen lengkap versi PDF dapat diunduh di sini.