G20 Mendukung G20/GI Hub Framework on How to Best Leverage Private Sector Participation to Scale Up Sustainable Infrastructure Investment


Pada pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) G20 ke-4 di Washington DC pada 12-13 Oktober 2022, para Menteri dan Gubernur G20 setuju untuk mendukung Kerangka Kerja G20/GI Hub tentang Cara Terbaik Memanfaatkan Partisipasi Sektor Swasta untuk Meningkatkan Berkelanjutan Investasi Infrastruktur.

G20 telah menekankan peran penting infrastruktur berkelanjutan untuk pulih dari pandemi pasca-covid-19 dan untuk mencapai agenda berkelanjutan. Karena infrastruktur memainkan tanggung jawab yang signifikan dalam memperburuk emisi rumah kaca, meningkatkan investasi infrastruktur yang berkelanjutan sangatlah penting. Pandemi juga telah membuat negara-negara mengalami dampak fiskal yang belum pernah terjadi sebelumnya dan memaksa mereka untuk memfokuskan sumber daya yang terbatas pada bidang-bidang yang membutuhkan lebih banyak perhatian, sementara tantangan untuk mencapai infrastruktur yang berkelanjutan dengan kecepatan dan skala perlu segera diatasi. Dalam konteks ini, meningkatkan partisipasi sektor swasta sangat penting untuk memobilisasi investasi ke infrastruktur yang berkelanjutan dan membantu mengatasi kesenjangan yang substansial.

Seperti disebutkan oleh Ketua Menteri Sri Mulyani Indrawati selama pertemuan FMCBG ke-4, Kerangka kerja sukarela dan tidak mengikat ini merupakan langkah penting pertama yang memungkinkan G20 untuk memfasilitasi investasi sektor swasta dalam infrastruktur berkelanjutan. Aksi multi-tahun diharapkan untuk memandu upaya bersama kami di tahun-tahun mendatang. Kerangka tersebut tidak merekomendasikan standar baru untuk investasi infrastruktur berkelanjutan atau target baru yang terkait dengan perubahan iklim dan bangunan untuk melengkapi upaya global yang ada. Empat pilar dan delapan tindakan diidentifikasi dalam Kerangka yang dapat diadopsi secara pragmatis sambil mempertimbangkan keadaan negara:

  • Pilar 1: Prioritas dan target infrastruktur nasional jangka panjang
  • Pilar 2: Definisi dan data infrastruktur berkelanjutan
  • Pilar 3: Lingkungan yang kondusif untuk implementasi
  • Pilar 4: Inovasi keuangan dan teknologi

Prioritas utama di bawah Presidensi G20 2022 Indonesia melengkapi dan melanjutkan inisiatif IWG tahun sebelumnya, termasuk Roadmap to Infrastructure as an Asset Class, the Quality Infrastructure Investment Principles, the contributions to the G20 Action Plan - Supporting the Global Economy Through the COVID-19 Pandemic, as well as the G20 Report on the Collaboration with Institutional Investors & Asset Managers on Infrastructure (2020). Di luar agenda IWG, Framework ini juga sejalan dengan G20 Sustainable Finance Roadmap G20 (2021).

Selain proses yang dipimpin anggota dan keterlibatan ekstensif dengan pemangku kepentingan utama, termasuk dalam Dialog Investor Infrastruktur G20 tahun 2021 dan 2022, pengembangan Kerangka juga telah didukung oleh sejumlah masukan:

  • GIF-World Bank Stocktake of Approaches that Leverage Private Sector Investment in Sustainable Infrastructure
  • OECD Report on Advancing the Environment and Data for Sustainable Infrastructure Financing
  • GI Hub Report on Infrastructure Transition Pathways
  • Outcome Document from the 2022 G20 Infrastructure Investors Dialogue

G20 mengapresiasi GI Hub atas dukungannya dalam mengembangkan Framework, yang akan mendukung G20 dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk merevitalisasi investasi infrastruktur dengan cara yang berkelanjutan, inklusif, mudah diakses, dan terjangkau. G20 juga berterima kasih kepada GIF dan OECD atas dukungan mereka dalam mengembangkan masukan untuk Framework.

Dokumen PDF versi lengkap dapat diakses di sini:

  1. The G20/GI Hub Framework on How to Best Leverage Private Sector Participation to Scale Up Sustainable Infrastructure Investment
  2. GIF-World Bank Stocktake of Approaches that Leverage Private Sector Investment in Sustainable Infrastructure
  3. OECD Report on Advancing the Environment and Data for Sustainable Infrastructure Financing
  4. GI Hub Report on Infrastructure Transition Pathways
  5. Outcome Document from the 2022 G20 Infrastructure Investors Dialogue