Kajian/Screening Tools


Adalah tools/aplikasi yang digunakan oleh Kemenkeu dalam melakukan penilaian atas kesesuaian usulan proyek KPBU, untuk mendapatkan Fasilitas PDF. Dalam tools tersebut terdapat 3 bagian penilaian usulan proyek KPBU yaitu

  1. stop or go
  2. project viability
  3. PPP suitability

Aplikasi ini memeriksa tiga hal berdasarkan informasi dalam dokumen OBC dari PJPK yaitu Go or No Go, Kelayakan Proyek (Viability Project), dan Kecocokan Proyek dilaksanakan dengan skema KPBU (PPP Suitability). Go or No Go suatu Proyek ditentukan apakah Proyek tersebut dapat dilaksanakan dengan skema KPBU sesuai ketentuan dan PJPK yang diusulkan sudah sesuai regulasi.

Kelayakan Proyek memeriksa mengenai proyek sejenis telah pernah dilaksanakan dimana nilai tinggi diberikan kepada Proyek yang diusulkan sudah pernah dilaksanakan misalnya sektor SPAM. Selanjutnya proyek prioritas (PSN) memberikan nilai yang tinggi, dan juga proyek yang sudah masuk dalam RPJMN/Renstra/RKP. Critical Path juga dilihat pada sudah dilakukan konsultasi publik, penilaian aspek sosial dan lingkungan, master plan, prastudi kelayakan serta hal-hal lain yang dianggap menjadi penghambat (key issue) pelaksanaan Proyek.

Kecocokan Proyek dilaksanakan dengan skema KPBU dilihat berdasarkan penjelasan dalam dokumen mengenai bagaimana memastikan penerimaan Proyek/pengembalian investasi dilakukan, besaran investasi dan jangka waktu kerja sama, bagaimana risiko ditransfer (alokasi risiko), lingkup KPBU dan jenis layanan yang akan diperjanjikan, ketersediaan investor yang dapat melaksanakan Proyek (dapat dilihat dari hasil market sounding) dan bentuk kerjasama KPBU yang ditawarkan kepada badan usaha.

PST ini memberikan nilai akhir dimana nilai diatas 76 berpotensi dapat difasilitasi, 51 s.d. 75 dapat dipertimbangkan diberikan dengan adanya catatan-catatan yang masih harus dilengkapi, selain itu, fasilitas direkomendasikan tidak diberikan atas Proyek.