Sector Review Report


Dalam menjalankan peran untuk mengelola pemberian fasilitas dan dukungan pemerintah, Direktorat PDPPI dengan dukungan dari program hibah Indonesia Infrastructure Finance Development (IIFD) dari Pemerintah Kanada yang dikelola Bank Dunia pada tahun 2020 telah merampungkan Laporan Tinjauan Sektor (Sector Review Report) untuk enam sektor infrastruktur, yaitu sektor air, energi, infrastruktur perkotaan, transport, Kesehatan, dan pendidikan. Sector Review Report tersebut memuat langkah-langkah dan kaidah praktis yang dapat digunakan di tingkat teknis untuk memandu identifikasi proyek, perencanaan, dan persiapan proyek pada keenam sektor tersebut. Dengan disusunnya Sector Review Report tersebut diharapkan dapat memberikan analisis dan rekomendasi spesifik sektor yang menggunakan best practice internasional dan benchmark proyek pembanding, serta rekomendasi untuk pengembangan strategi dan kebijakan penyediaan infrastruktur. Hal-hal lainnya yang dapat menjadi perhatian bersama, dalam Sector Review Report dimaksud diharapkan menjadi insight dalam pengembangan skema KPBU dan pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur yang dapat disesuaikan dengan perkembangan ke depan, baik untuk kepentingan praktik di lapangan maupun kepentingan akademis.

Dalam perkembangannya, beberapa hal yang menjadi acuan dalam laporan dimaksud telah mengalami pengembangan maupun revisi. Seperti halnya pada salah satu kerangka regulasi KPBU, halmana Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas Nomor 4 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan infrastruktur telah diubah dengan Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas Nomor 2 Tahun 2020. Selain itu, terdapat beberapa hal yang saat ini telah mengalami perkembangan dari hal yang telah dikaji dalam laporan dimaksud untuk menjadi perhatian bersama bagi pengguna dalam menggunakan data dan analisis di dalamnya yang mana masih tetap diperlukan diskusi yang berkelanjutan.

Lebih lanjut, seiring dengan dinamika yang ada, Direktorat PDPPI akan terus mengembangkan strategi dan kebijakan pengelolaan dukungan pemerintah dan pembiayaan infrastruktur dalam menggarap sektor-sektor prioritas yang dinilai berperan besar dalam mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus mendorong penerapan prinsip pelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola yang baik.

Sector Review Report dapat diunduh melalui tautan ini.