G20 Mendukung The Compendium of Quality Infrastructure Investment (QII) Indicators and The Associated Guidance Note


Pada pertemuan Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) ke-3 di Bali pada 15-16 Juli 2022, FMCBG G20 menyetujui the Compendium of Quality Infrastructure Investment (QII) Indicators and the associated guidance note, yang dikembangkan untuk G20. Dalam pertemuan tersebut, ketua Menteri Sri Mulyani Indrawati mencatat “dokumen-dokumen ini sekarang akan memungkinkan anggota untuk memilih dari menu indikator sukarela, tidak mengikat, tidak preskriptif, dan dapat disesuaikan untuk membantu semua negara termasuk mengembangkan proyek infrastruktur dalam membangun proyek infrastruktur sambil memaksimalkan dampak ekonomi, lingkungan, sosial, dan pembangunan yang positif dari infrastruktur”.

G20 telah menekankan pentingnya kualitas investasi infrastruktur, termasuk dalam Leaders’ Communiqué pada Konferensi Tingkat Tinggi Hangzhou 2016. Pada bulan Juni 2019, di bawah Kepresidenan G20 Jepang, FMCBG G20 mengesahkan Prinsip G20 untuk Quality Infrastructure Investment (QII), yang merupakan prinsip sukarela dan tidak mengikat yang mencerminkan arah strategis bersama dan aspirasi untuk investasi infrastruktur berkualitas. Deklarasi Pemimpin G20 Osaka 2019 menyatakan bahwa prinsip-prinsip ini menekankan pentingnya investasi infrastruktur berkualitas bagi upaya berkelanjutan G20 untuk membantu menutup kesenjangan infrastruktur.

Menyusuli Leaders Declaration, International Finance Corporation (IFC) mengembangkan menu Ringkasan indikator sukarela, tidak mengikat, tidak menentukan, dan dapat disesuaikan untuk G20. Kompendium ini dimaksudkan untuk membantu menginformasikan pengambilan keputusan tentang desain, pembangunan, pengoperasian, dan pemeliharaan aset infrastruktur, mengatasi kekurangan informasi yang dapat mengurangi investasi dalam infrastruktur, dan mendukung peningkatan aliran dana ke proyek infrastruktur. Ini diambil dari kerangka indikator yang ada saat ini digunakan oleh negara dan organisasi yang berbeda, dan mengelompokkan indikator ke dalam enam matriks yang terdiri dari lintas sektoral, energi, air & air limbah, TIK, transportasi, dan infrastruktur perkotaan. Catatan Panduan melengkapi Kompendium indikator QII dan memberikan definisi untuk setiap indikator; satuan pengukuran; tautan yang relevan ke sumber referensi; sumber data potensial untuk indikator; dan daftar beberapa lembaga yang saat ini menggunakan indikator tersebut.

G20 menyampaikan terima kasih kepada International Finance Corporation (IFC) atas dukungannya dalam mengembangkan Kompendium dan Catatan Panduan, yang akan membantu G20 dalam komitmennya untuk merevitalisasi investasi infrastruktur dengan cara yang berkelanjutan, inklusif, mudah diakses, dan terjangkau.

Dokumen PDF versi lengkap dapat diunduh melalui tautan berikut:

  1. The Compendium of QII Indicators
  2. The Guidance Note for The Compendium of QII Indicators