Ini Dia Fokus Pembahasan 2nd Meeting Forum Kerjasama Multilateral G20 Bidang Infrastruktur


Jakarta – Forum kerjasama multilateral G20 bidang infrastruktur kembali melaksanakan pertemuan kedua (2nd IWG) pada tanggal 17 Maret 2022. Pertemuan kedua ini berfokus pada pembahasan perkembangan penyelesaian rencana kerja Presidensi dengan empat topik utama meliputi: i) meningkatkan investasi infrastruktur yang berkelanjutan melalui partisipasi sektor swasta; ii) mengembangkan indikator Quality Investment Infrastructure (QII); iii) meningkatkan inklusi sosial dan mengatasi kesenjangan daerah; dan iv) meningkatkan investasi infrastruktur pada digital dan InfraTech.

Presidensi Indonesia bersama co-chairs dari Australia dan Brazil bekerjasama dengan GI Hub OECD, GIF, World Bank, ADB, IFC, dan AIIB memaparkan perkembangan penyelesaian deliverables. Secara garis besar, negara anggota sepakat dengan model yang ditawarkan sebagai penyelesaian deliverables. Secara khusus, co-chairs China menyampaikan masukan untuk mempertimbangkan ulang format dokumen terkait isu indikator QII.

 

Forum Kerjasama Multilateral G20 Bidang Infrastruktur

 

Melalui pemaparan, Indonesia berupaya untuk memperoleh masukan dari negara anggota atas konsep deliverables yang dibangun dan akan dibahas kembali pada pertemuan IWG selanjutnya (3rd IWG) di bulan Juni.

Meskipun pada awal pertemuan terdapat kesempatan bagi negara anggota untuk menyampaikan pendapat terkait perkembangan situasi geopolitik saat ini antara Rusia dan Ukraina, negara anggota menyepakati untuk mengisolasi isu tersebut dan memfokuskan pembahasan tindak lanjut hasil 1st IWG yang telah dilaksanakan pada Januari sehingga 2nd IWG berjalan relatif lancar.

Beberapa negara anggota G20 menyampaikan apresiasi atas capaian perkembangan penyelesaian deliverables Presidensi yang nyata sebagai salah satu bentuk komitmen upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi dunia pasca Covid-19 melalui penyediaan infrastruktur yang berkualitas.

 

No id judul isi image