Perkembangan Proyek KPBU Tol Yogyakarta-Bawen


Jalan Tol Yogyakarta - Bawen merupakan salah satu proyek yang dibangun dengan skema KPBU Solicited. Adapun tujuan dibangunnya jalan tol ini antara lain adalah:

  • Memicu pengembangan wilayah sekitar karena pengaruh aksesibilitas yang semakin tinggi dan penghematan biaya perjalanan masyarakat;
  • Meningkatkan aksesibilitas daerah untuk mendorong minat swasta dan masyarakat dalam pengembangan wilayah sehingga meningkatkan perekonomian dan mengurangi kesenjangan pembangunan antar wilayah;
  • Mengurai kemacetan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan memberikan alternatif kepada pengguna jalan yang mengakomodir lalu lintas dari dan ke pusat kota, kawasan wisata dan residensial yang berdampak pada peningkatan ekonomis bagi keperluan wilayah perkotaan dan waktu tempuh di wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Jalan Tol Yogyakarta - Bawen ini direncanakan akan dibangun sepanjang 75,82 km, dimana 67,05 km berada di wilayah Jawa Tengah, dan 8,77 km berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kementerian PUPR bertindak sebagai PJPK dengan jenis pengembalian investasi berupa tarif dengan masa konsesi proyek adalah selama 40 tahun. 

 

Tol Yogyakarta-Bawen

Ilustrasi Jalan Tol

 

 

Sumber: Newsletter Kantor Bersama KPBU edisi 142 tahun 2022

Baca selengkapnya di Newsletter Kantor Bersama KPBU

------------------

Penafian:

Newsleter Kantor Bersama KPBU adalah newsletter yang terbit setiap minggu dan disusun oleh Tim Sekretariat Kantor Bersama. Kantor Bersama KPBU terdiri dari lintas kementerian, instansi, dan perusahaan seperti; Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero). Kantor Bersama KPBU bertujuan untuk melakukan koordinasi, memberikan fasilitasi, dan capacity building dalam rangka percepatan pelaksanaan proyek KPBU di Indonesia.

 

 

No id judul isi image