Program Secondment Kementerian Keuangan 2023 Sub Tema KPBU


Penulis: Muhammad Akbar

Jakarta, 14 November 2023, program secondment adalah program rutin tahunan Kementerian Keuangan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan kapabilitas pegawai antar unit kerja Kemenkeu dan pihak eksternal seperti BUMN/D, K/L, BLU, dan instansi swasta di lingkungan Kementerian Keuangan. Pada tahun sebelumnya program secondment Kementerian Keuangan diikuti 1085 orang peserta terdiri dari 651 secondee, 434 mentor, eselon III, IV, dan pelaksana.  Program secondment pada tahun tersebut memiliki 7 tema dan 17 sub-tema.

Pada tahun ini melanjutkan kesuksesan program secondee sebelumnya dan sebagai arahan dari acara besar "PROGRAM SECONDMENT KEMENTERIAN KEUANGAN TAHUN 2023” yang diselenggarakan oleh Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR) menggelar sebuah lokakarya yang bertujuan meningkatkan kemampuan pegawai dalam melaksanakan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di Kementerian Keuangan yang termasuk salah satu dari 15 sub-tema secondment program tahun 2023 dengan tema besar Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko. Pada kesempatan hari ini acara diadakan secara hybrid, menggabungkan peserta di kantor dan peserta online melalui platform virtual.

 

TEMA

SUB TEMA 2022 

SUB TEMA 2023 

Pengelolaan Penerimaan Negara

  1. Pengelolaan Ekspor Impor
  2. Proses Bisnis Penerimaan Negara
  3. Cukai
  4. Kawasan Berfasilitas
  1. Optimalisasi penerimaan negara
  2. Proses Bisnis Penerimaan Negara

Pengelolaan Belanja Negara

  1. Sinergi Pengelolaan Belanja K/L dan Pemda Sektor Bencana dan Bantuan Sosial, Sektor Kesehatan (penanganan stunting)
  2. Pengelolaan Keuangan BLU
  3. Evaluasi Proses Bisnis Belanja Negara
  4. Pengelolaan Investasi Pemerintah Pemulihan Ekonomi Nasional 
  1. Sinergi Pengelolaan Belanja K/L dan Pemda Bidang Perlindungan Sosial
  2. Pengelolaan Keuangan BLU

Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko

Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko

  1. Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko
  2. Pengelolaan KPBU

Pengelolaan Ekonomi Regional, UMKM, Kerja sama Internasional

Peningkatan Kegiatan Ekonomi UMKM

  1. Dukungan Industri dan UMKM berorientasi Ekspor
  2. Penguatan Fungsi Regional Chief Economist
  3. Peningkatan Kapasitas Kerja sama Internasional

Pengelolaan Teknologi Keuangan

Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Negara

-

Pengelolaan Aset

Penilaian dan Lelang

Proses Bisnis Pengelolaan Aset

Penguatan Dukungan Manajemen

  1. Pengelolaan Organisasi
  2. Pengelolaan SDM
  3. Pengelolaan Teknologi Informasi Keuangan
  4. Standardisasi Pelayanan Publik
  5. Pengelolaan Keprotokoleran
  6. Layanan Kehumasan
  1. Pengelolaan Organisasi
  2. Pengelolaan SDM
  3. Pengelolaan Teknologi Informasi Keuangan
  4. Penguatan Hubungan Kelembagaan, Hukum, dan Regulasi
  5. Layanan Kehumasan

Perbandingan secondment program 2022 dan 2023

 

Bapak Yonathan Setianto Hadi, S.E., M.Ec., Kasubdit Dukungan Pemerintah di Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur (Direktorat PDPPI), membuka acara dengan kata sambutan dan memandu peserta untuk memahami lebih dalam seputar KPBU. Selain peserta dari Kementerian Keuangan, lokakarya ini juga dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk pihak eksternal Kemenkeu yang terlibat langsung dalam penerapan skema KPBU di Indonesia.

Ibu Dina Irvina, S.E., M.M. Fin. selaku Kepala Seksi Dukungan Pemerintah Proyek Sektor II Direktorat PDPPI membahas case Rusun Cisaranten. Pada kesempatan itu, beliau memaparkan mengenai profil dan struktur Proyek Rusunawa Cisaranten, konsep SKBG Sarusun, dan pengelolaan pendapatan proyek rumah susun untuk pemenuhan AP.

Proyek terkait: Proyek Public Housing Cisaranten

Tujuan utama lokakarya ini adalah memberikan pemahaman yang mendalam dan meningkatkan keterampilan pegawai terkait dengan pelaksanaan KPBU. Lokakarya ini membahas berbagai macam aspek mengenai KPBU, termasuk Pembiayaan Infrastruktur, Skema KPBU, dan Pembiayaan Kreatif.

Respon positif dari peserta dicerminkan melalui antusiasme untuk terlibat aktif dalam diskusi seputar KPBU. Selain itu, kehadiran pihak eksternal Kemenkeu yang terlibat dalam skema KPBU menambah nilai diskusi dengan perspektif yang beragam.

Program ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pegawai dalam pelaksanaan KPBU di Kementerian Keuangan. Kesuksesan lokakarya ini diukur dari tingginya partisipasi, pertukaran ide yang produktif, dan semangat positif yang dapat mendorong perubahan nyata dalam pelaksanaan KPBU di masa depan.

Terima kasih kepada semua peserta, narasumber, dan pihak terlibat atas kontribusi mereka dalam merancang dan melaksanakan lokakarya ini. Dengan dukungan yang terus-menerus, diharapkan peningkatan kemampuan pegawai yang dicapai dalam lokakarya ini akan berdampak positif pada efisiensi dan efektivitas implementasi KPBU di Kementerian Keuangan.

Diterbitkan pada 20 November 2023

 

No id judul isi image