Perkembangan Proyek KPBU Preservasi Jalan Madiun


Dalam rangka koordinasi tindak lanjut pelaksanaan Proyek KPBU Preservasi Jalan Madiun, pada tanggal 5 Desember 2023 telah dilaksanakan penandatanganan berita acara persetujuan hasil kajian fasilitasi penyusunan dokumen penyiapan proyek KPBU Preservasi Jalan Madiun antara Team Leader Konsultan penyusun dokumen OBC dengan Kepala Bappeda Kabupaten Madiun. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan tahap selanjutnya antara lain:

  1. Pemerintah Kabupaten Madiun perlu mengajukan surat ke Kementerian Keuangan terkait permohonan fasilitas PDF;
  2. PJPK perlu menyampaikan surat ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait dengan penerbitan Persetujuan Lingkungan;
  3. Perlu dipastikan jenis penanganan ODOL (Over Dimension Over Loading) untuk masing-masing ruas jalan dan menjadi bagian dalam nilai investasi;
  4. Perlu dilakukan Sosialisasi ke masyarakat terkait pembebasan lahan untuk pembangunan jalan baru; dan
  5. Perlu dilakukan koordinasi dengan Biro AP Jawa Timur dan Kemendagri terkait perolehan surat pertimbangan AP dari Gubernur Jawa Timur.

 

Ilustrasi gambar jalan

 

Sumber: Newsletter Kantor Bersama KPBU edisi 204 tahun 2023

Baca selengkapnya di Newsletter Kantor Bersama KPBU

------------------

Penafian:

Newsleter Kantor Bersama KPBU adalah newsletter yang terbit setiap minggu dan disusun oleh Tim Sekretariat Kantor Bersama. Kantor Bersama KPBU terdiri dari lintas kementerian, instansi, dan perusahaan seperti; Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero). Kantor Bersama KPBU bertujuan untuk melakukan koordinasi, memberikan fasilitasi, dan capacity building dalam rangka percepatan pelaksanaan proyek KPBU di Indonesia.

No id judul isi image