Ringkasan Umum Penjajakan Minat Pasar (Market Sounding) Proyek KPBU Rumah Sakit Universitas Padjadjaran


Jakarta, 5 Februari 2024 - Undangan rangkaian kegiatan ini dikirimkan kepada para calon investor mulai dari rumah sakit, kontraktor EPC, penyedia alat kesehatan, hingga bank/lembaga pembiayaan. Rangkaian kegiatan market sounding ini diselenggarakan dalam Bahasa Indonesia (dibantu fasilitas penerjemah dwibahasa) selama 2 hari didahului sesi hari Senin, 5 Februari 2024 secara daring dengan sambutan Direktur PPP Bappenas, Ketua Tim KPBU RSPTN Unpad lalu dilanjutkan pemaparan gambaran umum Proyek (i.e., profil, struktur, indikasi kunjungan, timeline, kriteria prakualifikasi). 

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi 1-on-1 consultation pada Selasa, 6 Februari 2024 yang dimulai pukul 09.00 WIB di Hotel Pullman Thamrin Jakarta. Peserta yang hadir telah melakukan registrasi di hari pertama melalui penyelenggara dengan total 34 peserta.

Melalui kegiatan market sounding yang dilakukan, beberapa hal terkait Proyek telah terkonfirmasi secara umum.

Dalam kategori Rumah Sakit (RS)/Layanan Kesehatan, RS yang berpartisipasi dalam sesi 1-on-1 menunjukkan respons positif terhadap joint operation di bawah manajemen RS Unpad. Beberapa bahkan bersedia untuk membagi keuntungan dengan rasio 20:80 ke RS. Namun, pada sesi online, ada RS yang mengindikasikan bahwa pengoperasian seperti lingkup KPBU kurang diinginkan. Masa konsesi selama 15 tahun dianggap terlalu pendek bagi operator, dengan beberapa mengusulkan rentang 20-25 tahun. Selain itu, para penyedia layanan laboratorium berencana untuk bermitra dengan calon bidder lain.

Kontraktor EPC juga menunjukkan minat untuk bermitra dengan calon bidder lain guna memenuhi layanan RS. Beberapa peserta menanyakan tentang jangka waktu transaksi karena membutuhkan waktu untuk mencari mitra.

Dari segi Penyedia Alat Kesehatan, layanan radioterapi dan kedokteran nuklir dianggap sebagai pilihan yang baik karena memiliki potensi demand yang tinggi, terutama dari pasien BPJS Kesehatan. Namun, ada pertimbangan terkait umur alat kesehatan dalam hal ketahanan suku cadang. Jaminan pencegahan kebocoran radiasi atas penyedia alat kesehatan juga menjadi pertimbangan.

Para Bank/Lembaga Pembiayaan mengusulkan panjang masa tenor di rentang 7-15 tahun, dengan mayoritas lebih memilih durasi yang lebih pendek untuk meminimalisir risiko. Pricing (cost of debt) yang disampaikan bank berada di rentang 7-10%, sementara mayoritas menawarkan capital portion 70:30, dengan beberapa menawarkan potensi 80:20. Proses evaluasi pembiayaan dalam konteks financial closing diestimasi berlangsung selama 1-3 bulan dengan syarat dokumen telah lengkap. Penjaminan proyek KPBU juga menjadi hal menarik bagi para financier.

Dari pihak Investor/Lainnya, minat atas Proyek masih cukup kuat, dengan ekspektasi IRR di kisaran 10-13%.

No id judul isi image