Proyek KPBU SPAM Bandar Lampung Beroperasi Secara Komersial


Tahap konstruksi yang berlangsung selama 2 (dua) tahun Proyek KPBU SPAM Bandar Lampung yang dibangun oleh Badan Usaha Pelaksana PT Adya Tirta Lampung (PT ATL) telah selesai. Selanjutnya dilakukan uji pra commisioning yang juga telah dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 15 Juli 2020 dan dilanjutkan dengan uji commisioning pada tanggal 27 s.d. 28 Juli 2020 khususnya pembangunan proyek yang dibangun oleh BUP PT ATL. Hasil uji pra commisioning dan uji commisioning yang diperoleh dari tim penguji adalah baik. Dengan demikian target COD proyek KPBU SPAM senilai Rp. 1,1 triliun ini telah sesuai dengan target yang ditetapkan dalam Perjanjian Kerja Sama yaitu pada tanggal 12 Agustus 2020

Proyek KPBU SPAM Bandar Lampung ini akan memenuhi kebutuhan air minum 300.000 jiwa (60.000 sambungan) di kota Bandar Lampung terutama di 8 (delapan) kecamatan yaitu Rajabasa, Labuhan Ratu, Way Halim, Kedaton, Tanjung Senang, Sukarame, Sukabumi dan Kedamaian selama masa konsesi 27 tahun. Adapun pembangunan lingkup KPBU mencakup sistem produksi dengan kapasitas 750 l/detik, sistem transmisi (22 km), IPA 750 l/detik dan aksesoris, reservoir (10.000 m3) dan bagian dari sistem distribusi pompa.

Selain pembiayaan melalui KPBU, proyek ini juga mendapat Dukungan Kelayakan dari Kementerian Keuangan sebesar Rp. 258,8 miliar, dukungan pembiayaan konstruksi dari DitJen Cipta Karya Kementerian PUPR untuk pembangunan jaringan pipa sistem gravitasi, dukungan dari Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk pembangunan sebagian jaringan distribusi dan kontribusi PDAM Way Rilau sendiri. Selain itu proyek ini juga mendapat penjaminan pemerintah melalui PT PII.

Tags
No id judul isi image