Peningkatan Kualitas Proses Pengadaan dalam Skema KPBU di Indonesia


Direktorat PDPPI mengadakan kick-off meeting pelaksanaan pendampingan probity activity dengan konsultan RebelGroup sebagai probity advisor, Direktur LKPP, Direktur PT SMI, dan PJPK pada tanggal 27 Agustus 2020. Kick-off meeting ini merupakan langkah awal dalam pelaksanaan pendampingan probity activity dalam transaksi proyek KPBU Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Surakarta.

Proyek PJU Surakarta menjadi pilot project yang akan didampingi oleh probity advisor. Pelaksanaan pendampingan ini akan melengkapi fasilitas pendampingan transaksi yang telah diterima Pemkot Surakarta pada proyek PJU Surakarta dimana PT SMI ditugasksan untuk mendampingi Pemkot Surakarta dalam proses transaksi proyek PJU Surakarta. Dalam pelaksanaannya, probity advisor akan memberikan masukan dan rekomendasi kepada tim pengadaan Pemkot Surakarta atas proses pada setiap tahapan pelelangan proyek agar sesuai dengan prinsip-prinsip probity.

Pendampingan probity activity dilaksanakan untuk memastikan bahwa proses pengadaan barang/jasa telah dilaksanakan secara konsisten sesuai dengan prinsip penegakan integritas, kebenaran, kejujuran dan memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku yang bertujuan meningkatkan akuntabilitas penggunaan dana sektor publik. Dengan adanya pendampingan probity activity diharapkan Pemerintah dapat meningkatkan kepercayaan (trust) dari sektor swasta terhadap pelaksanaan pengadaan proyek KPBU di Indonesia sehingga dapat meningkatkan minat dari para investor, terutama investor internasional.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat PDPPI dengan bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengeadaan Khusus LKPP dengan didanai oleh Indonesia Infrastructure Finance Development – Trust Fund (IIFD-TF).  Hasil akhir yang diharapkan dari pelaksanaan pendampingan probity activity ini adalah untuk memberikan rekomendasi kebijakan dalam rangka peningkatan pelaksanaan pelelalangan  KPBU.

Direktur PDPPI menyatakan bahwa kegiatan pendampingan probity activity juga akan dimanfaatkan sebagai langkah Pemerintah dalam menyempurnakan regulasi terkait dengan proses pengadaan KPBU dengan mengacu pada international best practice.

Tags
No id judul isi image