Sapa Universitas Katolik Atma Jaya, Direktorat PDPPI kembali Menekankan Komitmen Kementerian Keuangan dalam Implementasi ESG di Bidang Infrastruktur


 Oleh: Herlina Oktavianti

Jakarta, Selasa (28/02/2023) - Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur (PDPPI) yang diwakili oleh Aulia Ihsanin selaku Kepala Seksi Pengembangan Kebijakan dan Kerja Sama Kelembagaan (PKKSK) menjadi pembicara dalam Seminar "The Implementation of ESG Standards in Indonesia” yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya). Seminar tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman civitas akademika dan masyarakat luas atas konsep dan implementasi prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) dalam pembangunan infrastruktur. Aksi ESG dalam bidang infrastruktur ini semakin nyata setelah Kementerian Keuangan pada akhir 2022 telah menerbitkan serangkaian kebijakan ESG pada dukungan pemerintah untuk pembiayaan infrastruktur.

Pada kesempatan ini, perwakilan Direktorat PDPPI menyampaikan paparan tentang urgensi dan komitmen pemerintah merespon isu perubahan iklim. Kebijakan ESG (ESG Framework dan Manual) yang telah diluncurkan merupakan bukti konkret Kementerian Keuangan dalam mendukung target pemerintah dalam mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia dan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030. Sebagaimana disampaikan oleh Menteri Keuangan pada acara launching ESG November 2022, kebijakan ESG ini akan memberikan panduan yang jelas untuk seluruh pemangku kepentingan proyek infrastruktur, terutama mengenai peran dan tindakan yang perlu diambil untuk memastikan proyek infrastruktur tersebut memenuhi aspek ESG.

Event Implementasi ESG di Bidang Infrastruktur Universitas Atma Jaya

“Kami di pemerintahan melihat terdapat kebutuhan mendesak untuk merespon pergeseran appetite pasar yang sudah menuju arah investasi hijau dan berkelanjutan. Untuk itu, Kementerian Keuangan mengambil peran dengan mengeluarkan kebijakan untuk mengatur semua proyek yang mendapat dukungan pemerintah harus comply dengan aturan ESG” ujar Aulia Ihsanin dalam paparannya.

Selain perwakilan Direktorat PDPPI, hadir pula dalam sesi ini perwakilan dari Sekretariat Nasional SDG Bappenas dan Dosen dari Universitas Indonesia. Perwakilan Sekretariat Nasional SDG menjelaskan arah dan kebijakan pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDG 2030. Sementara, Dosen Universitas Indonesia memaparkan konsep dan implementasi ESG pada praktek internasional.

Seminar yang dihadiri oleh mahasiswa Unika Atma Jaya, dosen pengajar, dan peserta umum ini memperoleh antusiasme yang cukup tinggi dari interaksi para pembicara dan peserta kegiatan. Pada forum diskusi ini, kami juga mengajak partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak terutama akademisi untuk berkontribusi dalam upaya penyempurnaan kebijakan ESG Kementerian Keuangan di kemudian hari. Dengan demikian, pemerintah akan mampu mengoptimalkan manfaat penerapan elemen ESG menuju pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan.

Baca juga artikel Kebijakan Implementasi ESG yang Pertama Kali Ditetapkan oleh Kementerian Keuangan dalam Pembiayaan Infrastruktur

 

No id judul isi image